Begini Cara Dishub Metro Tingkatkan Layanan Pengujian Kendaraan BermotorLewat aplikasi ini kita berupaya mengurangi pertemuan fisik terlebih saat ini kita berada di masa pandemic sekaligus menghilangkan pungutan- pungutan liar dan mengurangi antrian kendaraan yang hendak melakukan pengujian

HomeBerita

Begini Cara Dishub Metro Tingkatkan Layanan Pengujian Kendaraan Bermotor

Metro, falsafah.id- Dinas Perhubungan Kota Metro terus berupaya meningkatkan pelayanan terkait Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) melalui layanan berb

Demi Hasilkan Vaksin Covid-19, Sejumlah Negara Siapkan 4 Miliar Dolar AS
Arinal Ingatkan untuk Mewaspadai Sponsor Raja Olah di Pilkada Lampung
Jelang Ramadhan, MUI Imbau Umat Islam Tak Melakuan Ziarah
1 min read

Metro, falsafah.id- Dinas Perhubungan Kota Metro terus berupaya meningkatkan pelayanan terkait Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) melalui layanan berbasis aplikasi online.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Metro,Zulpikri  mengatakan bahwa lewat terobosan yang dilakukan melalui aplikasi PKB online yang telah beroperasi kurang lebih enam bulan  relatif berhasil meningkatkan kinerja pelayanan.

“Lewat aplikasi ini kita berupaya mengurangi pertemuan fisik terlebih saat ini kita berada di masa pandemic sekaligus menghilangkan pungutan- pungutan liar dan mengurangi antrian kendaraan yang hendak melakukan pengujian,”jelasnya, Selasa (12/1/2021).

Zul mengatakan lewat terobosan ini Dishub Kota Metro juga berhasil meraih akreditasi B dan mendapatkan penghargaan kategori pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) dari Kementrian Perhubungan pada bulan Agustus 2020 lalu .

Meski demikian ia mengakui penerapaan sistem online ini masih menemukan kendala yakni belum tersosialisasikannya secara luas keberadaan aplikasi ini serta layanan pembayaran non tunai yang memadai.

“Kita tengah melakukan penjajakan kerjasama dengan sektor perbankan agar layanan pembayaran bisa dilakukan lewat bank atau setidaknya kartu  e-money sebagai upaya peningkatan pelayanan sekaligus syarat meraih akreditasi A,”ungkap mantan Sekretaris BPKAD Kota Metro tersebut.

Lano salah seorang staaf bidang pengujian mengatakan optimalisasi layanan dari manual ke penggunaan teknologi kini tak bisa lagi dihindari guna mempercepat dan meningkatkan pelayanan.

“Pengguna kini bisa mendapatkan data hasil pengujiannya yang terekam dalam  smart card sehingga hasil pengujian kendaraan bisa lebih maksimal,” jelasnya saat menjelaskan berbagai alat yang digunakan oleh Dinas Perhubungan Kota Metro.

Lewat aplikasi yang telah tersedia di playstore ini Zulpikri berharap  pelayanan kedepan akan semakin baik dan memudahkan para pengguna layanan.

“Penggunaan teknologi merupakan perwujudan birokrasi 4.0 sebagai upaya meningkatkan layanan public agar semakin cepat, mudah dan efisien, “ pungkasnya.

Afriyan

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0