Ikam Jabung Sai dan Wisata Way GuruhWay Guruh saat ini sudah mulai ramai dikunjungi warga, bahkan dari luar daerah Lampung Timur (Dok. Syachri Ramadhan)

HomeOpini

Ikam Jabung Sai dan Wisata Way Guruh

Ikam Jabung Sai mempelopori dan menginisiasi untuk bersama-sama menjadikan Way Guruh sebagai salah satu tempat wisata lokal bagi daerahnya.

Buku ‘Jabung The Untold Stories’ Didiskusikan di Way Guruh Jabung
Kembangkan Wisata Way Guruh, Anak Muda Jabung Galang Donasi
Sukses, Peluncuran Buku di Way Guruh Dihadiri Banyak Tokoh
1 min read

Way Guruh adalah nama sebuah tempat yang memiliki potensi untuk menjadi salah satu destinasi wisata di kabupaten Lampung Timur tepatnya berlokasi di desa Negara Batin kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur dan memiliki waktu tempuh dari kota Metro sekitar 2 jam 39 menit.

Para pemuda Jabung melalui organisasi “Ikam Jabung Sai” mempelopori dan menginisiasi untuk bersama-sama menjadikan Way Guruh sebagai salah satu tempat wisata lokal bagi daerahnya. Dengan dukungan pemilik lahan, para tokoh dan tetua setempat, disertai niat dan semangat membuat perubahan mereka bergotong-royong melakukan berbagai kegiatan di Way Guruh, mulai dari membersihkan, membuka jalan masuk, menata beberapa titik di lokasi yang bisa membuat Way Guruh menjadi semakin menarik bagi para pengunjung dan juga mulai mempromosikannya.

Telah terdapat beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan bagi para wisatawan di way guruh antara lain tempat mandi dengan memanfaatkan aliran air menyerupai air terjun kecil, beberapa shapu (gubuk/saung), perahu kayu tradisional, perahu karet, toilet dan musholla yang masih memanfaatkan salah satu ruang pemilik rumah. Semua mereka lakukan secara sukarela, mereka meluangkan waktu, tenaga, pikiran bahkan dengan modal seadanya demi mewujudkan Way Guruh menjadi tempat wisata yang diharapkan bisa menarik wisatawan untuk berkunjung ke Way Guruh.

Memang, masih butuh waktu dan banyak hal bagi Way Guruh untuk bisa disejajarkan dengan tempat wisata lainnya. Masih perlu perluasan dan perbaikan jalan masuk ke lokasi, fasilitas parkir kendaraan, kotak sampah, toilet, musholla, jajanan lokal, kopi dan air mineral serta merapihkan, menata dan membuat beberapa fasilitas menarik lainnya di lokasi. Bahkan melihat areal sekitar Way Guruh dapat menjadi destinasi agro wisata berbasis ekowisata yang cukup menarik kedepannya.

Meski masih seadanya dan masih cukup panjang perjuangan para pemuda Jabung tersebut, alhamdulillah.. saat ini sudah mulai ramai dikunjungi warga, bahkan dari luar daerah Lampung Timur pun sudah ada yang berkunjung ke Way Guruh.

Sebuah proses, diawali dengan niat dan semangat kebersamaan untuk melakukan perubahan kepada yang lebih baik. Sebuah gerakan yang dilakukan secara bergotong-royong bahu membahu, adalah suatu hal yang langka dan mahal di zaman sekarang. Terus berjuang para pemuda Jabung, tetap semangat, solid dan jaga kekompakan, demi Jabung yang maju, berbudaya dan bermartabat! (*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0