Metro Siapkan 27 Miliar Untuk Penanganan Virus Corona

HomeBerita

Metro Siapkan 27 Miliar Untuk Penanganan Virus Corona

Sekretaris Kota (Sekkot) Metro Nasir AT mengatakan, alokasi anggaran bersumber dari dana APBN.

T-shirt Donasi Wisata Way Guruh Tahap Pertama Habis Terjual
Polemik Proyek 5,6 Triliun Program Kartu Prakerja
Hari Ini Seluruh Instansi Wajib Umumkan Jadwal dan Lokasi SKD
1 min read

Metro, Falsafah.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro siapkan anggaran pencegahan dan penanganan virus corona di wilayah setempat sebesar Rp 27,23 miliar.

Sekretaris Kota (Sekkot) Metro Nasir AT mengatakan, alokasi anggaran bersumber dari dana APBN.

“Untuk APBN, kami alokasikan anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Insentif Daerah (DID),” ujarnya selepas telekonferensi Sekertaris Daerah se-Provinsi Lampung di Command Center Metro, Kamis (26/3/2020).

Nasir mengungkapkan, Metro telah melakukan beberapa langkah pencegahan Covid-19. Seperti melakukan sosialisasi ke masyarakat dan penyemprotan disinfektan ke fasilitas umum (fasum).

“Kami sosialisasi secara langsung pada tanggal 18 Maret dengan menurunkan 34 tim dan 5 kelompok petugas penyemprotan cairan disinfektan. Ini dilakukan di tempat tempat ibadah, fasilitas umum dan perkantoran,” bebernya.

Nasir mengaku, dalam arahan Wakil Gubernur Lampung, penanganan Covid-19 harus maksimal, terutama dengan data saling berkoordinasi serta update. Rekofusing seperti penjagaan pintu gerbang masuk kabupaten/kota lebih diperketat.

“Ini dikarenakan penduduk daerah red zona melakukan mudik. Dijelaskan Bu Wagub, ada 30 rumah sakit telah menjadi rujukan di Provinsi Lampung untuk penanganan corona. Dengan harapkan rekofusing anggaran itu masuk pada tenaga medisnya, bukan hanya alat medisnya,” imbuhnya.

Nasir menambahkan, semua harus waspada, namun tidak panik. Tenaga kesehatan harus melakukan pelayanan sesuai dengan protokol penanganan.

Sementara mengenai pembiayaan pasien corona akan ditanggung oleh Pemerintah Pusat, asalkan dirawat di RS rujukan provinsi. (*/TL)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0