PKKPHAM FH Unila Gelar Diklat Penulisan untuk Mahasiswa

HomePendidikan

PKKPHAM FH Unila Gelar Diklat Penulisan untuk Mahasiswa

Metro, falsafah,id- Pusat Kajian Kebijakan Publik Dan Hak Asasi Manusia (PKKPHAM) FH Unila menggelar Diklat Penulisan Ilmiah dan Populer , Sabtu (30/1

Peduli Covid-19 Mahasiswa KKN ITERA Bagikan Hand Sanitizer
Room to Read Kembangkan Aplikasi Literasi Digital
Bangun Sinergi, Unila Kerjasama dengan Puslitbang MA, PT Lampung dan FHS UMKO
1 min read

Metro, falsafah,id- Pusat Kajian Kebijakan Publik Dan Hak Asasi Manusia (PKKPHAM) FH Unila menggelar Diklat Penulisan Ilmiah dan Populer , Sabtu (30/1/2021).

Diklat ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama Fakultas Hukum, Dr. Rudi Natamiharja, S.H., D.E.A yang hadir untuk  memberikan motivasi bagi mahasiswa untuk menulis.

“Keahlian menulis harus terus diasah agar tidak tumpul. Menulis juga jangan sampai melanggar etika, yaitu terjebak pada plagiarisme. FH Unila menyambut baik kegiatan Diklat ini, dan membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk berkonsultasi kepada dosen apabila mengalami kesulitan dalam menulis,” ujar Doktor lulusan Perancis tersebut.

Ketua PKKP-HAM FH Unila, Dr. H.S. Tisnanta mengungkapkan bahwa mahasiswa jangan takut untuk menulis. Setiap orang punya potensi untuk menulis, meskipun kemampuannya beragam. Fakultas Hukum dan PKKP-HAM berkomitmen untuk memfasilitasi mahasiswa untuk terus berlatih menulis, baik ilmiah maupun popular.

“Peserta Diklat berjumlah 22 orang Mahasiswa Fakultas Hukum Unila yang telah lulus seleksi, yaitu menulis opini atau abstrak. Kegiatan diselenggarakan di Ruang Kuliah Magister Hukum Fakultas Hukum Unila dengan menerapkan standar Protokol Kesehatan Covid-19 ,” jelasnya.

Hadir sebagai narasumber dalam Diklat ini James Reinaldo Rumpia, S.H., M.A. (alumnus FH Unila dan Mahidol University Thailand), Nandha Rizki Putra, S.H. (Peneliti PKKP-HAM dan Mahasiswa Magister Ilmu Hukum Universitas Indonesia); Gede Eka Putrawan, S.S., M.Hum. (Dosen FKIP Unila); Dr. Oki Hajiansyah Wahab, S.I.P., M.H. (Penulis Buku “Terasing di Negeri Sendiri); Ricco Andreas, S.H., M.H. (Peneliti PKKP-HAM) dan  Fathoni, S.H., M.H. (Dosen FH Unila)

Tisnanta menambahkan peserta diberikan materi antara lain Motivasi menulis, konsep menulis ilmiah dan popular, sistematika karya tulis, dan kiat menulis abstrak yang baik.

“Output kegiatan Diklat ini adalah mahasiswa mampu menulis draft artikel ilmiah yang akan dipandu oleh mentor yang sudah ditentukan,” tambahnya.

Sementara itu Fajar Bima Alfian, salah satu peserta Diklat berpendapat bahwa kegiatan diklat ini sangat membantu mahasiswa, sehingga dapat berlanjut.

 

Afriyan

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0