Sukses, Peluncuran Buku di Way Guruh Dihadiri Banyak Tokoh

HomeBerita

Sukses, Peluncuran Buku di Way Guruh Dihadiri Banyak Tokoh

Nunik Sebut Jabung Masuk Program Desa Berjaya Pemerintah Provinsi Lampung

Acara peluncuran buku Jabung the Untold Stories yang digelar Ikam Jabung Sai (IJS) di lokasi objek wisata Way Guruh, Desa Negarabatin, Kecamatan Jabung

Buku ‘Jabung The Untold Stories’ Didiskusikan di Way Guruh Jabung
Ikam Jabung Sai dan Wisata Way Guruh
Kembangkan Wisata Way Guruh, Anak Muda Jabung Galang Donasi
2 min read

Jabung, Falsafah.ID – Acara peluncuran buku Jabung the Untold Stories yang digelar Ikam Jabung Sai (IJS) di lokasi objek wisata Way Guruh, Desa Negarabatin, Kecamatan Jabung, Lampung Timur, Senin, (24/8/2020), berlangsung meriah dan sukses.

Selain dihadiri ratusan warga yang ada di Kecamatan Jabung acara tersebut juga dihadiri beberapa tokoh, akademisi dari luar Jabung, salah satunya adalah Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim (Nunik) termasuk juga pejabat dan pengusaha Jabung yang ada di perantauan.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub Nunik menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung membidik Jabung masuk dalam program Desa Berjaya dengan mengembangkan desa wisata, salah satunya wisata Way Guruh.

Dalam program Desa Berjaya, masyarakat dan perangkat desa bersama-sama mengembangkan potensi-potensi yang ada di desa. Hal ini untuk menyejahterakan perekonomian masyarakat. Program ini akan mendampingi sumber daya manusia (SDM) di desa untuk menemukan potensi desa, seperti di lokasi wisata Way Guruh yang terus dimaksimalkan.

“Masyarakat juga didorong untuk kemajuan desanya dan pintar mengelola apa yang ada di desa untuk kesejahteraan,” kata Nunik.

Oleh sebab itu, Nunik meminta agar seluruh stakeholder yang ada di Jabung mendukung para pemuda IJS untuk diarahkan memajukan desanya, salah satunya destinasi wisata Way Guruh. Ia menjelaskan pada 2021 Pemprov Lampung menargetkan ada 130 desa program Smart Village dengan kategori maju dan berkembang.

Nunik mengajak semua pihak untuk bersama-sama bergandengan tangan memajukan Jabung. Sehingga menghilangkan stigma negatif serta bersama-sama mengabarkan kebaikan tentang daerah yang dicintai ini.

“Kalaupun di sini tidak masuk kategori maju dan berkembang, kita juga ada program back up dengan nama program Desa Berjaya untuk daerah tertinggal. Selalu ada back up, jadi tidak perlu khawatir,” katanya.

Selain Nunik, peluncuran buku Jabung the Untold Stories yang diterbitkan Sai Wawai Publishing juga menghadirkan Ketua IJS, Heri Johan, akademisi Universitas Muhammadiyah Metro (UMM) Bambang Suhada, dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Metro, Syachri Ramadhan sebagai narasumber.

Buku Jabung the Untold Stories  merupakan buku yang ditulis oleh warga Jabung yang ingin memberikan perspektif berbeda tentang Jabung.

Pasalnya, sejauh ini masih melekat stigma negatif tentang Jabung yang berkembang di masyarakat. Buku ini berisi sejarah, budaya, dan wisata serta upaya mendorong perubahan di Jabung.

“Tanah Jabung yang subur, akan memberikan peluang bagi pengembangan komoditas ekonomis lainnya seperti porang, pepaya dan lain-lain,” jelas Bambang.

Bambang juga optimis ekonomi Jabung bisa bangkit dan setara dengan daerah lain.

“Yakin kalo terus kita kawal terus dan kontinyu, ekonomi Jabung akan bangkit,” tambahnya.

Dipilihnya Way Guruh sebagai lokasi peluncuran buku Jabung The Untold Stories ini juga sebagai salah satu upaya memajukan destinasi wisata di Jabung agar dikenal masyarakat luas, sekaligus untuk mengubah stigma negatif tentang Jabung melalui kerja-kerja positif. (*)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0