Urgensi Sosialisasi Pancasila dan Penguatan Wawasan KebangsaanLewat cara yang kreatif dalam menjelaskan nilai-nilai Pancasila dan wawasan kebangsaan kepada masyarakat, terutama bagi para generasi milenial, menjadi lebih mudah dipahami dan dimengerti

HomeOpini

Urgensi Sosialisasi Pancasila dan Penguatan Wawasan Kebangsaan

Akhir Bulan Februari 2021 ini Anggota DPRD Propinsi Lampung menggelar Sosialisasi Idiologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di daerah pemilihannya ma

Kunjungi Braja Caka, GRP Sosialisasikan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan
Anggota DPRD Lampung Garinca Reza Pahlevi Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila
Garinca Sosialisasikan Idiologi Pancasila di Sekampung
2 min read

Akhir Bulan Februari 2021 ini Anggota DPRD Propinsi Lampung menggelar Sosialisasi Idiologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di daerah pemilihannya masing-masing. Hal ini merupakan salah satu tugas tambahan para legislator di daerah untuk terus membumikan Pancasila dan wawasan kebangsaan kepada masyarakat.

Beberapa waktu sebelumnya para legislator juga mendapatkan bimbingan teknis dari Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP) agar kelak mampu mensosialisasikan Pancasila dan wawasan kebangsaan. Selain itu BPIP juga mengingatkan peran strategis DPRD  dalam melahirkan Perda yang senantiasa mengedepankan nilai-nilai Pancasila.

Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia adalah sebagai pedoman bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam bersikap dan bertingkah laku sehari-hari. Pancasila sebagai pandangan hidup menjadi landasan moral kepedulian manusia sepanjang masa.Pancasila sendiri pada hakikatnya adalah nilai-nilai adat istiadat, nilai-nilai kebudayaan, dan nilai religi yang terdapat dalam pandangan hidup masyarakat Indonesia.

Dengan demikian Pancasila merupakan kepribadian bangsa dan sebagai sumber hukum negara. Pandangan hidup bangsa merupakan nilai yang dimiliki oleh suatu bangsa yang diyakini kebenarannya sehingga menumbuhkan tekad untuk mewujudkannya. Pandangan hidup bangsa Indonesia adalah Pancasila, yang sering disebut juga sebagai way of life.

Selain mensosialisasikan Pancasila para legislator juga terus menanamkan wawasan kebangsaan. Dewasa ini keterbukaan informasi dan pesatnya perkembangan teknologi yang membawa sejumlah dampak. Merosotnya pemahaman dan rasa cinta masyarakat khususnya generasi muda akan wawasan kebangsaan dan nilai nilai luhur merupakan ekses yang timbul sehingga memerlukan upaya yang konkret dari semua elemen untuk menghasilkan masyarakat dan generasi muda yang cinta tanah air.

Wawasan kebangsaan, amatlah penting mengingat besarnya wilayah Indonesia, banyaknya jumlah penduduknya, dan beraneka ragamnya kebudayaan di dalamnya. Dengan kuatnya pengetahuan kebangsaan maka generasi mendatang harapannya akan lebih kuat dalam mempertahankan keutuhan bangsa.

Terlebih berbagai daerah baru saja melewat pesta demokrasi yang melahirkan pemimpin-pemimpin baru. Rakyat yang mungkin saja sempat terbelah karena berbeda pilihan kini harus kembali bersatu membangun daerahnya. Nilai-nilai wawasan kebangsaan harus kembali menyatukan seluruh elemen untuk bersama-sama bangkit membangun daerahnya kembali.

Kedepannya penanaman nilai-nilai Pancasila dan wawasan kebangsaan sendiri kedepannya harapannya akan semakin  kreatif, inovatif dan juga edukatif . Dengan demikian pemahaman Pancasila, dapat diterjemahkan hingga tingkat bawah. Dengan konten-konten kreatif, serta gaya bahasa yang lebih nge-pop, diharapkan bisa lebih mengena ke masyarakat, terutama generasi muda.  

Lewat cara yang kreatif dalam menjelaskan nilai-nilai Pancasila dan wawasan kebangsaan kepada masyarakat, terutama bagi para generasi milenial, menjadi lebih mudah dipahami dan dimengerti. Penanaman nilai Pancasila pada generasi milenial diharapkan akan semakin membuat mereka pintar, memiliki sikap toleransi, kohesif, dan punya literasi kebangsaan yang semakin baik.

Garinca Reza Pahlevi (Anggota DPRD Lampung)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0