Wujudkan WBK dan WBBM PN Bogor Raih Anugerah Zona Integritas

HomeBerita

Wujudkan WBK dan WBBM PN Bogor Raih Anugerah Zona Integritas

Bogor, falsafah.id- Pengadilan Negeri PN Bogor Kelas 1B rencananya pada Senin pagi tanggal 21/12/2020 Jam 09.00 Wib akan menerima anugerah Zona Integr

Efektif! Begini Cara Cetak KK dan Akta yang Hilang
Komunitas Turun Tangan Sediakan Konseling Gratis Bagi ODP
Mahasiswa KKN Itera Beri Pelatihan Pemasaran Digital
2 min read

Bogor, falsafah.id- Pengadilan Negeri PN Bogor Kelas 1B rencananya pada Senin pagi tanggal 21/12/2020 Jam 09.00 Wib akan menerima anugerah Zona Integritas. Jika pada tahun lalu PN Bogor berhasil mewujudkan wilayah bebas korupsi (WBK) di areal lingkungan dan mentalitas aparaturnya maka kali ini anugerah ZI menjadi paripurna karena PN Bogor dinilai Kementerian PAN-RB berhasil mewujudkan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM).

Apresiasi dan penganugerahan ZI tersebut akan diserahkan Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin kepada 93 lembaga/ unit kerja dibawah Mahkamah Agung RI. Dengan rincian 11 lembaga meraih WBK dan WBBM lalu 82 lembaga meraih WBK. Penyerahan apresiasi dan anugerah diberikan secara simbolis offline maupun online sebagaimana mengutip undangan resmi yang disampaikan Menteri PAN-RB kepada Ketua Mahkamah Agung RI hari ini (18/12/2020)

Prestasi dan capaian luarbiasa yang diraih Pengadilan Negeri Bogor dengan meraih WBK dan WBBM ini disambut gembira oleh pimpinan dan seluruh jajaran Pengadilan Negeri Bogor.

Sekretaris Pengadilan Negeri Bogor, Agung Tri Mardiyanto, SH. mengatakan bahwa Pengadilan Negeri Bogor telah berkomitmen sejak tahun lalu untuk menjadikan PN Bogor sebagai Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Lalu di Tahun 2020 melalui pimpinan yang baru PN Bogor berhasil menyempurnakannya dengan mewujudkan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

“Selamat untuk seluruh jajaran PN Bogor yang sudah sama-sama berjuang meraih apresiasi dan anugerah ZI ini. Sungguh ini kado akhir tahun yang luar biasa membanggakan” ujar Agung yang merupakan alumni Akademi Litigasi Triguna Indonesia (Altri) dan juga merupakan Alumni Keluarga Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) tersebut.

Sebagaimana diketahui PN Bogor memiliki tiga ruang sidang modern berbasis IT. Ruang sidang di PN Bogor telah dilengkapi dengan layar komputer besar terpampang di dinding ruang sidang. Masing-masing monitor komputer di meja Tiga hakim, di meja Panitera Pengganti, di meja Jaksa Penuntut Umum/Penggugat, di meja Penasihat Hukum/Tergugat. Kamera yang terdapat diatas langit-langit ruang sidang dapat berputar 360° memvisualisasi setiap adegan persidangan serta adanya alat khusus visualizer untuk memvisualisasi zoom in dan zoom out barang bukti dan dokumen dalam pembuktian persidangan.

PN Bogor juga memiliki aplikasi modern lain sebagai pendukungnya. Seperti SMS Location Based Advertising (LBA). Aplikasi voice announcements for hearing to the parties in the courtroom atau panggilan sidang secara otomatis kepada Hakim, Panitera Pengganti dan para pihak dalam perkara perdata yang telah hadir lengkap dipersidangan untuk memasuki ruang disidang yang ditetapkan dan memulai persidangan.

PN Bogor juga telah memiliki aplikasi SIWA PN Bogor yang mana pengguna layanan dapat bertanya kepada nomor whatsapp PN Bogor yang selanjutnya dijawab secara otomatis ke pengguna layanan tentang informasi terkait perkara yang sedang berjalan maupun yang telah putus. Selain itu terdapat juga aplikasi arsip digital, aplikasi peminjaman arsip berkas serta Aplikasi Hakim Pengawas dan ZI Online.

Ketua Pengadilan Negeri Bogor Kelas 1B Dr. Nenny Yuliany, SH. M.Kn mengatakan bahwa Aplikasi SMS LBA, Voice Announcement Persidangan, Aplikasi SIWA, Aplikasi Arsip Digital, Aplikasi Peminjaman Berkas Perkara, Aplikasi Hakim Pengawas dan ZI Online adalah pelengkap dari seluruh layanan aplikasi modern berbasis IT di PN Bogor dalam rangka upaya menuju wilayah Bebas Kurusi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) sebagai bagian integral dalam pembangunan zona integritas pada PN Bogor.

“Terimakasih kepada pimpinan Mahkamah Agung R.I atas bimbingannya dan terimakasih kepada jajaran Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional serta seluruh pegawai, staf, Honorer, Security hingga petugas parkir di PN Bogor yang telah bekerja bersama-sama dan akhirnya PN Bogor berhasil meraih prestasi anugerah Zona Integritas” ucap Nenny Ketua PN Bogor yang menjadi satu-satunya lembaga/unit kerja peraih WBK dan WBBM di Kota Bogor pada Tahun 2020 ini.

Syamsul Arief

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0